UniPin, penerbit voucer game online, mendukung penuh kehadiran electronic sports (e-sports) di Indonesia. Oleh karena itu, UniPin kembali menggelar kompetisi e-sports kelas internasional di Kartika Expo-Balai Kartini, Jakarta pada 8-10 November 2019, dengan total hadiah mencapai Rp2,4 miliar.

Kompetisi ini guna mendukung pegiat e-sports yang berkomitmen tinggi dengan mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet e-sports profesional yang mengharumkan nama bangsa. 

Menurut riset dari Newzoo, dari berbagai negara di Asia Tenggara yang mendapatkan pendapatan dari bermain game, Indonesia menduduki peringkat pertama yang disusul oleh negara sahabat, yaitu Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan kemudian Myanmar. 

“UniPin yang sudah berekspansi ke Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Myanmar, dan Kamboja menggelar SEACA 2019 sebagai wujud nyata kami mendorong perkembangan e-sports di Indonesia. Harapannya, mereka mencapai potensi tertinggi dalam berkompetisi, sehingga mengharumkan nama tim dan Indonesia,” kata CEO & Co-Founder UniPin, Ashadi Ang dalam konferensi pers, Selasa (23/7/2019), di Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi), Susanty Widjaya mengaku bangga dengan prestasi yang diraih Indonesia.

“Saya bangga karena Indonesia bisa menduduki peringkat 17 dunia dan tingkat pertama yang memberikan pendapatan terbesar di Asia Tenggara dalam bidang e-sports dibandingkan dengan negara tetangga lainnya seperti Thailand dan Malaysia menurut survei dari Newzoo,” kata dia.

Susanty juga mengungkapkan, e-sports merupakan salah satu bidang yang turut didukung Asensi, sebagai wadah organisasi pertama di Indonesia yang berfokus pada lisensi dan bisnis lisensi di Indonesia.

Sebelumnya, Asensi  telah mendukung pameran International Franchise, License & Business Concept (IFRA) Expo 2019 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-7 Juli lalu. 

South East Asia Cyber Arena (SEACA) 2019 akan mempertemukan ratusan tim e-sports nasional maupun internasional untuk saling bertempur di tiga game yang sedang populer saat ini: Dota 2, Free Fire, dan PUBG Mobile. Sementara game yang akan dipertandingkan adalah Free Fire.

Selain itu, akan hadir pula eksibisi game Tekken 7 yang dapat dinikmati para pengunjung SEACA 2019, Southeast Asia Milenial Expo (Seame), dan berbagai rangkaian acara lainnya. 

Acara tersebut turut dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekfar) Triawan Munaf, dan Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung Wibowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *