Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) menggandeng Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mempromosikan Wonderful Indonesia melalui perjanjian partnership co-branding. Penandatanganan kerja sama dilakukan Jumat (27/92019) lalu.

Ketua Asensi, Susanty Widjaya mengatakan, Asensi mendukung penuh Wonderful Indonesia menjadi national brand, merek yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia.

“Pada acara ini, 26 anggota Asensi berkomitmen untuk bersama-sama mempromosikan merek Wonderful Indonesia,” katanya.

Oleh karena itu, para anggota Asensi yang terdiri dari berbagai jenis bidang usaha, baik barang atau produk (goods) maupun jasa (service), akan all-out membawa Wonderful Indonesia dalam berbagai lini bisnis mereka.

Terdapat 26 anggota Asensi yang menandatangani MoU Co-Branding dari berbagai bidang usaha dari logam mulia seperti IGS, hotel, jamu seperti Jamu Iboe, aparel, mainan seperti Fun World, digital, makanan seperti Inaco, dan restoran seperti Bakmi Naga Resto, Bandar Djakarta, Crispy Duck, Batavia Cafe, dan lainnya.

Asensi merupakan perkumpulan atau wadah organisasi pertama di Indonesia yang secara khusus fokus untuk memajukan perekonomian nasional yang didasari oleh pemanfaatan kekayaan intelektual berbasis lisensi.

Lisensi secara umum dapat diartikan pemberian izin, hal ini melalui sebuah perjanjian atau dapat dikatakan bahwa lisensi merupakan pemberian izin dari pemilik barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau jasa yang dilisensikan.

Salah satu hasil bukti sinergi Asensi dengan Kemenpar adalah pendaftaran merek Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Susanty mengatakan lebih lanjut bahwa momentum ini dapat menjadi preseden dan juga iktibar bagi institusi lain, baik pemerintahan maupun swasta, terutama yang memiliki kepentingan promosi ke kancah internasional.

Dalam acara Wonderful Indonesia Co-Branding Forum 2019 akan dilakukan seremoni penyerahan sertifikat merek Wonderful Indonesia oleh Ketua Asensi dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Tidak hanya pada tahap ini, namun Asensi telah berkolaborasi dengan World Intellectual Property Organization (WIPO) mendukung lebih lanjut pendaftaran merk Wonderful Indonesia melalui Madrid Protocol,” pungkasnya.

Tag: Kementerian Pariwisata (Kemenpar)Wonderful Indonesia

Penulis: Bambang Ismoyo

Editor: Rosmayanti

Foto: Bambang IsmoyoBagikan:

Sumber : https://www.wartaekonomi.co.id/read248999/asensikemenpar-kerja-sama-promosikan-wonderful-indonesia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *